MAH.com – Kontes ketangkasan ayam jago yang digelar Papaji Pengda Jawa Tengah di Wonosobo (8/12/2019) kali ini sedikit berbeda, pemdaftaran tidak lagi terbuka untuk umum, tetapi diadakan antar Pengurus Cabang (Pengcab) Papaji se Propinsi Jawa Tengah yang diikuti 15 Pengcab Kabupaten/Kota yaitu Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Kendal, Wonosobo, Semarang, Ungaran, Banyumas, Banjarnegara, Demak, Purbalingga, Kebumen, Brebes, Purworejo, Sragen. Dan keluar sebagai juara umum adalah Papaji Kendal.

Papaji Kendal raih juara I terbanyak

Keberhasilan Papaji Kendal setelah berhasil mengantarkan 3 jago andalanya keluar sebagai juara I di berbagai kelas yaitu Lodon 2,8 kg, Jack 3 kg dan Cawet 3,4 kg. Sementara Papaji Sukoharjo menempel di posisi kedua setelah 2 andalanya dinobatkan sebagai pemenang pertama di kelas 2,6 kg Piton dan Chaos di kelas 3 kg.

Papaji Sukoharjo antarkan 2 jagoanya raih juara I

Secara keseluruhan Papaji Sukoharjo lebih banyak meraih kemenangan, hanya saja di juara II ada 3 kelas yang diraih yaitu Hanter 2,8, Tornadi 3 kg dan Sambel 3,2. Sedangkan Papaji Kendal untuk juara II hanya mampu meraih 1 kejuaraan yaitu di kelas 2,6 kg melalui Percil andalanya. Melihat hasil kontes antar Pengcab Papaji se Jateng ini memiliki kekuatan yang merata, hampir semua Papaji yang turun mampu meraih kemenangan meskipun hanya 1 ekor jagoan yang berhasil keluar sebagai juara.

Papaji Brebes raih 2 kemenangan

Menurut Arnanda Sulistyo ketua Papaji Pengda Jawa Tengah, kontes kali ini memang sengaja dibuat untuk intern Papaji, semata mata untuk mengukur kekuatan jago jago andalan Papaji yang ada di Jateng. “Selain itu juga sebagai seleksi, jika nantinya turun turnamen yang lebih besar kalau memungkinkan untuk berkolaborasi, tinggal menentukan saja kelas yang akan turun dan diambil dari juara yang ada jika kondisinya memungkinkan,” tandas Nanda.

Panitia & Juri Sukses gelar Kontes antar Pengcab Papaji se Jateng

Selain itu Nanda juga memaparkan, selama ini kontes yang digelar Papaji di Jateng cukup rutin dengan berpindah pindah lokasi dari Pengcab 1 ke Pengcab lainya dan peserta terbuka untuk umum baik secara organisasi, tim maupun perorangan, sehingga kali ini memang kita agendakan khusus untuk antar Pengcab yang ada dan ini juga kemauan mereka sekaligus bisa saling mengenal. Apalagi selama ini komunikasi Papaji Jateng dengan pemerintahan cukup bagus, sehingga kontes yang digelar selalu didukung dari Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Propinsi Jawa Tengah. Tentu ini sangat menguntungkan, sehingga untuk komunikasi terkait perijinan dan lokasi cukup membantu. (Joo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here